Tips & Trick Menulis Daftar Pustaka di Microsoft Word



Halo sobatfid! Kali ini penulis akan memberikan Tips & Trick menulis daftar pustaka di Microsoft Word. Belajar dari pengalaman penulis saat mendapatkan tugas membuat kliping atau makalah pertama kali yang menulis daftar pustaka dengan cara manual. Untungnya saat itu sumber yang penulis ambil hanya sedikit jadi tidak terlalu cape, nah gimana coba kalo banyak sumbernya? Yuk simak Tips & Trick berikut.
Yang paling pertama dan utama yaitu pastikan sobatfid memiliki sumbernya terlebih dahulu ya untuk dijadikan daftar pustaka.

Buka Microsoft Word dan buka tab References.


Klik panah yang ada di Style dan pilih sesuai kebijakan kampus sobatfid ya!

Karena di kampus penulis menggunakan APA Style, jadi penulis pilih APA ya.


Klik Manage Sources dan akan muncul tampilan seperti berikut terus klik New

 Isi data di tampilan yang muncul

Disini penulis akan kasih contoh jika daftar pustakanya dari buku ya.

a.     Pada Type of Source sobatfid bisa pilih sesuai sumber yang kalian inginkan menjadi daftar pustaka, disana ada dari yang sumbernya buku, jurnal, artikel website bahkan ada dari film juga.
b.  Isi Author dengan nama lengkap penulis. Jika lebih dari satu penulis pisahkan dengan symbol titik koma (;)
c.     Pada bagian Tittle isi dengan judul buku
d.    Pada kolom Year, City dan Publisher isi dengan tahun terbit, dicetak di kota mana dan oleh publisher mana
Contoh

Kalo udah semua diisi tinggal klik OK. Jika ada seumber lain tinggal klik new lagi dan isi terus sampe semua sumber ya, kalo udah tinggal close.

Klik Bibliography dan pilih Bibliography lagi.


Taraaa! Daftar Pustaka udah jadi, semuanya sudah nyusun juga sesuai abjad penulis. Sobatfid tinggal ubah nama Bibliography jadi Daftar Pustaka saja dan sesuaikan hurufnya!
Sekian Tips & Trick kali ini, semoga bermanfaat ya! Sampai jumpa di artikel selanjutnya.

Posting Komentar

0 Komentar