Efektifitas Edukasi Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19 Melalui Media Sosial dalam Kegiatan KKN Tematik PPD 2020

Universitas Pendidikan Indonesia tetap mengadakan KKN atau Kuliah Kerja Nyata ditengah pandemi Covid-19 yang sedang melanda dunia, tentunya dengan sistem dan pelaksanaan yang berbeda dengan KKN biasanya, yaitu dilakukan secara daring dan jarak jauh. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 16 November sampai dengan 30 Desember yang kegiatan pelaksanaannya disesuaikan dengan tempat tinggal mahasiswa masing-masing dan perlu diingat bahwa kegiatan KKN ini dilaksanakan secara mandiri.

Adapun salah satu program unggulan yang dilaksanakan secara rutin adalah dengan memberikan edukasi mengenai pencegahan dan penanggulangan Covid-19 yang dilaksanakan secara daring berupa media edukasi yang di sebar luaskan pada media sosial, selain itu program lainnya adalah membantu administrasi sekolah dalam pembuatan soal dan memasukan nilai sebagai bentuk program wajib yang dilaksanakan oleh mahasiswa dalam rangka membantu guru dan sekolah.

Syifa Habibati yang merupakan salah satu mahasiswi jurusan PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan yang mana merupakan salah satu peserta KKN Tematik Covid-19 melaksanakan kegiatan KKN ini sepenuhnya dilaksanakan secara daring. Dengan melakukan pembuatan media edukasi daring mengenai pencegahan dan penanggulangan covid-19 yang diunggah ke media sosial. karena saat ini segala sesuatu dilakukan dengan daring yang mana sangat memungkinkan aktivitas masyarakat lebih banyak menggunakan internet dan media sosial dalam melakukan interaksi, maka ini menjadi kesempata yang baik untuk menyampaikan edukasi mengenai covid-19 ini.

Postingan pertama diuanggah pada tanggal 19 November 2020, media edukasi berupa pengenalan gejala yang dialami oleh penderita. Postingan kedua yang saya unggah pada tanggal 24 november adalah mengenai cara-cara pencegahan dan penanggulangan Covid-19. Postingan ketiga yang diunggah pada tanggal 30 November adalah mengenai pengenalan masker, jenis-jenis masker yang dapat digunakan untuk menghambat persebaran virus Covid-19. Kemudian untuk postingan keempat yang diunggah pada tanggal 7 Desember adalah mengenai New Normal essential yaitu alat-alat apa saja yang harus disiapkan ketika memang harus keluar rumah. Postingan kelima diunggah pada tanggal 9 Desember, mengenai prosedur untuk melakukan karantina mandiri di rumah apabila dirasa memiliki gejala covid atau pernah melakikan kontak dengan penderita covid. Postingan keenam yang diunggah pada tanggal 14 desember adalah mengenai cara penggunaan masker yang baik dan benar serta yang dianjurkan. Lalu postingan terakhir atau postingan ke tujuh yang diunggah pada tanggal 16 desember adalah mengenai benda-benda yang harus di waspadai serta mengaja kebersihan ketika sudah meggunakannya.

Selain melakukan program memberikan media edukasi, kegiatan lain yang dilakukan secara rutin adalah melakukan administrasi di sekolah SDN 191 kota Bandung dengan membuat soal untuk PAS dan memasukan hasil nilai siswa ke dalam format penilaian yang diberikan oleh guru. Selanjutnya sebagai kegiatan penutupan dilakukan dengan membuat hand sanitizer dan membagikan hand sanitizer dan juga masker medis kepada masyarakat, tidak lupa memberikan edukasi serta ajakan kepada masyarakat untuk senantiasa melakukan 3M, yaitu menjaga jarak, mencuci tangan dan memakai masker.

 

Penulis : Syifa Habibati

Posting Komentar

0 Komentar