Kendala Orang Tua Pada Pendampingan Anak Selama Pandemi Covid Dalam Pembelajaran Daring di SD Negeri 032 Tilil Kota Bandung

Pada tanggal 12 Februari 2020, WHO resmi menetapkan penyakit novel pada manusia ini dengan sebutan CoronaVirus Disease (Covid-19). Covid-19 disebabkan oleh SARS-COV2 yang termasuk dalam keluarga besa coronavirus yang sama dengan penyebab SARS pada tahun 2003, hanya berbeda jenis virus. Gejalanya mirip dengan SARS namun angka kematian SARS lebih tinggi dibanding Covid-19. Namun Covid-19 penyebarannya lebih cepat dan luas dibanding SARS”. Maka hal tersebut sudah jelas virus ini sangat mematikan untuk seluruh umat manusia dimuka bumi ini terutama untuk negara Indonesia. Karena Indonesia merupakan negara berkembang dan masuk kedalam negara tersibuk di dunia.

Berdasarkan kutipan tersebut bahwa pada situasi Pandemi Covid-19 ini sangat mempersulit seluruh masyarakat Indonesia dikarenakan aktivitas yang harus dilakukan oleh masyarakat terbatas dan juga berdampak kepada para guru dan pelajar yang harus melakukan kegiatan pembelajaran dari rumah. Keadaan pandemi covid ini memaksa sekolah untuk ditutup sementara karena dengan keadaan yang sulit dan berpengaruh kepada guru dan pelajar yang mengharuskan belajar di rumah masing-masing. Pembelajaran dari rumah tidak hanya menjadi kendala para guru dan pelajar saja, tetapi orang tua juga mengalami hambatan yang sama dengan melakukan pekerjaannya dari rumah.

Begitu juga dengan kebijakan-kebijakan yang di ambil oleh pemerintah untuk melakukan suatu sistem perubahan pembelajaran di sekolah yaitu pembelajaran daring yang bisa menjadi solusi terbaik sementara agar belajar mengajar yang biasa dilakukan di sekolah tetap berjalan di rumah masing-masing dengan didampingin orang tua. Namun, pada kondisi saat ini menunjukkan pembelajaran daring yang dilakukan di rumah dengan bimbingan orang tua banyak kendala yang dihadapi, sehingga tidak sedikit orang tua yang meminta agar pemerintah secepatnya bisa melakukan pembelajaran seperti biasanya atau tatap muka.

Kesulitan yang dialami para orang tua dalam membimbing anak belajar di rumah meliputi kurang memahami materi yang diberikan guru oleh orang tua, kesulitan orang tua dalam membantu menumbuhkan minat belajar anak, tidak memiliki waktu yang cukup untuk mendampingi anak karena berhalangan dengan pekerjaan, dan terkendala terkait jangkauan layanan internet. Oleh karena itu, dalam pembelajaran daring ini justru menambah kesulitan juga bagi para orang tua dalam mendampingi anak belajar di rumah.

Berdasarkan hasil pengamatan penulis pembelajaran daring selama pandemi covid ini menjadi salah satu solusi agar pembelajaran tidak terhenti di tengah pandemi Covid-19. Namun, pada pelaksanaan di lapangan ada beberapa yang menjadi hambatan pada pembelajaran daring berupa sulitnya memahami materi yang diberikan dan sulitnya mendampingi anak karena berhalangan dengan pekerjaan. Dengan demikian orang tua mengalami kesulitan atau stress, apalagi dengan keadaan layanan internet yang terkadang menjadi hambatan hal terpenting juga. Dalam hal pembelajaran daring ini tuntutan orang tua juga sangat berat selain menjadi pengasuh dalam keluarga namun harus juga mempraktikkan dirinya sebagai guru di rumah yang bisa membantu dan membimbing anaknya untuk belajar dengan keadaan yang terbatas.

 

Penulis : Najmi Fathan

Instagram : najmifthh

Sumber Kutipan : ZA, D. S., Putra, D. I., Sofyan, S., & Bimo, D. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19. Jakarta: Kementrian Dalam Negeri.

Posting Komentar

0 Komentar