KKN Tematik PPD Covid-19 UPI 2020 Jalin Mitra Dengan SD Negeri 46 Tanjungpandan Dalam Bidang Pendampingan Pembelajaran Jarak Jauh

Pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata ( KKN ) Universitas Pendidikan Indonesia gelombang kedua masih dilaksanakan secara online, kali ini tema yang diangkat yaitu Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19. Kegiatan ini digelar mulai tanggal 16 November hingga tanggal 30 Desember mendatang. Program KKN Tematik PPD  Covid-19 menurut data Lembaga Pendidikan dan Pengabdian Masyarakat ( LPPM UPI) diselenggarkan di  beberapa provinsi yang tersebar di Indonesia. Salah satunya yaitu di Provinisi Bangka Belitung tepatnya di Tanjungpandan, Belitung.

Adapun salah satu program unggulan dalam KKN Tematik PPD  Covid-19 UPI 2020 yaitu di bidang pendidikan berkaitan dengan penguatan pembelajaran daring untuk semua mata pelajaran, pendampingan siswa  orang tua saat  pembelajaran daring dan bantuan adminstrasi guru dalam rangka membantu Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) yang dikeluarkan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia yang lalu

 Leonita Antini mahasiswi PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan,  salah satu peserta KKN Tematik PPD  Covid-19 UPI 2020 melaksanakan program ini bermitra dengan SD Negeri 46 Tanjungpandan.  Dalam kesempatan kali ini program KKN  ini disambut hangat oleh kepala sekolah SD Negeri 46 Tanjungpandan ibu Murzaini, S.Pd., SD.  Untuk sasaran program KKN pada bidang pendidikan ini yaitu walikelas IV ibu Iin Nuriana, S.Pd., SD dan walikelas V ibu Nurdaini, S.Pd., SD. Sedangkan sasaran  untuk  orang tua dan siswa  diambil dari lima orang tua dan siswa di kelas IV dan V.

Program ini dilaksanakan dengan menggunakan via whatsapp grup. Adapun bentuk-bentuk program yang dilakukan berupa menguatan materi-materi yang ada dikelas IV berupa materi KPK & FPB dan Pancasila serta  untuk kelas V penguatan materi peredaran darah. Program pendampingan siswa berupa pembahasan tugas-tugas melalui grup, Sedangkan untuk program pendampingan orang tua berupa edukasi informasi-informasi penting mengenai tips dan trik selama pendampingan  belajar daring dimulai dari mengenali tipe belajar anak, cara belajar menyenangkan saat dirumah serta cara mengapresiasi dan memuji anak saat belajar saat pembagian raport nantinya. Dalam program bantuan adminstrasi guru adapun program-program yang dilakukan berupa pembuatan Lembar Kerja Siswa ( LKPD), bahan ajar berupa powerpoint dan pemeriksaan hasil Penilaian Akhir Siswa (PAS).

Dalam pelaksanaannya dalam program ini dirasa sedikit terhambat mengingat tidak semua murid memiliki smarthphone secara pribadi sehingga dalam proses penguatan dan pendampingan terkesan terhabat karena harus melalui orangtua terlebih dahulu. Namun hambatan  secara esensi tidak mengurangi kegiatan ini. Banyak orang tua siswa yang merespon positif dan terbantu akan program ini.  tidak hanya itu guru-guru pun merasa terbantu akan bantuan adminstasi dalam memeriksa soal PAS siswa dan juga merasa terbantu akan media pembelajaran yang diberikan.



Penulis            : Leonita Anitini

NIM                : 1700962

DPL                : Askolani, S.E., M.M.

Posting Komentar

0 Komentar