KKN UPI : Tantangan Guru Dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemic Covid-19

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) kembali menyelenggarakan kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi mahasiswa. Mengingat dengan adanya kegiatan KKN yang menjadi salah satu mata kuliah wajib pada setiap tahunya. Pada masa pandemic Covid-19 ini yang sedang mewabah di dunia khususnya di negara kita tercinta Indonesia, Kampus Universitas Pendidikan Indonesia menyelenggarakan kegiatan KKN secara daring atau online secara individu maupun kelompok ditempat tinggal masing-masing mahasiswa.

Kegiatan KKN ini berbeda dengan KKN sebelumnya yang dilaksanakan secara luring atau terjun langsung ke lapangan yang biasanya mahasiswa membentuk kolompok dan melakukan program kegiatan di berbagai daerah. Program yang di selenggarakan oleh LPPM UPI diantaranya berisi 7 program wajib di bidang pendidikan dan 2 bidang program pilihan yaitu ekonomi dan sosial.

Saya Buyung Agustiandi salah satu mahasiswa yang sedang melakukan kegiatan KKN bekerja sama dengan Sekolah Dasar SDN 053 Cisitu untuk melaksanakan kegaitan KKN. Pelaksanaan bertempat di Jalan Sangkuriang No.87 Kota Bandung. Kegiatan pembelajaran selama pandemi yang dilakukan di rumah secara daring tentu saja mengalami berbagai tantangan baik bagi guru maupun orang tua dirumah. Guru sebagai pendidik menghadapi berbagai tantangan dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pemantauan kegiatan pembelajaran siswanya. Kegiatan yang diberikan guru harus tetap memperhatikan tingkat kemampuan anak sesuai dengan tingkat usia anak. Suasana atau situasi yang berbeda di sekolah dan di rumah tentu saja akan berpengaruh terhadap perasaan dalam diri anak untuk melakukan kegiatan pembelajaran.

Oleh sebab itu, perencanaan kegiatan yang disusun oleh guru harus lebih menarik lagi bagi anak dan juga guru pun harus memperhatikan bahan atau media pendukung dalam kegiatan belajar anak selama dirumah. Sebagaimana yang dipaparkan oleh guru dalam memberikan pembelajaran jarak jauh (PJJ) kepada anak dibawah ini. Rusmini, selaku guru di Sekolah Dasar menuturkan walaupun pembelajaran anak dilakukan di rumah, namun kita sebagai guru harus tetap membuat rencana kegiatan pembelajaran kepada anak (RPP) sesuai dengan indikator pembelajaran yang sudah di rencanakan sebelumnya.


Penulis : Buyung Agustiandi

NIM : 1701559

Posting Komentar

0 Komentar