Pemanfaatan Media Pembelajaran Guna Mendukung Pembelajaran Daring di TK Al-Hikam

 

Saat ini kita sedang mengalami masa-masa sulit dalam kehidupan yaitu masa pandemic Covid-19. Adanya pendemic ini tidak pernah diperkirakan oleh manusia akan terjadi. Beberapa aspek kehidupan berubah seperti, tidak boleh ke luar rumah, harus rajin mencuci tangan, bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, dan masih banyak lagi. Karena hal ini, pembelajaran tatap muka pun diberhentikan sementara dan digantikan dengan pembelajaran jarak jauh (daring).

Pembelajaran jarak jauh ini diberlakukan dari segala tingkatan terlebih karena pembelajaran daring ini baru kita rasakan sekarang, masih banyak penyesuaian yang harus dilakukan oleh kita semua. Untuk memudahkan pembelajaran daring, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat membantu siswa untuk lebih paham mengenai mata pelajaran yang ada.

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung saat ini sedang menyelenggarakan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid 19 di Bidang Pendidikan dan Ekonomi. Kegiatan ini diselenggarakan secara daring dan memiliki beberapa program baik wajib maupun pilihan. Salah satu programnya adalah membantu sekolah, guru, siswa, dan orangtua dalam pembelajaran daring.

Media pembelajaran adalah salah satu cara untuk dapat membantu pembelajaran melalui daring. Kami, adalah salah satu kelompok terbatas yang sedang melakukan KKN Tematik PPD Covid-19 di UPI tahun 2020. Perkenalkan kami Azzaria, Dewi, Fadli, Tiara, dan Winda kelompok terbatas dari kelompok KKN 36 dengan dosen pembimbing lapangan kami adalah Bapak Dr. Ganjar M. Ganeswara, M.Pd. Dalam KKN Tematik PPD Covid-19 ini membantu guru di TK Al-Hikam Soreang Kab. Bandung Jawa Barat dalam pembuatan media pembelajaran berbasis video dan PPT.

Dapat diketahui bahwa anak-anak di jaman sekarang ini sangat menggemari menonton video animasi, atau menonton televisi, disamping itu, karena anak tidak boleh keluar rumah dan tidak bisa merasakan pembelajaran secara langsung, maka dari itu media pembelajaran berbasis video dan ppt ini sangat berguna diaplikasikan unuk pembelajaran sekarang.

Kami membantu guru dalam pembuatan media pembelajaran mengenai identitas ku, keluarga ku, Negara ku, tanaman hias, tanaman obat, benda-benda alam, benda-benda langit dan masih banyak lagi. Selain membantu membuat media pembelajaran, kami juga membantu administrasi sekolah tersebut seperti merekap presensi bulanan dll. Dan melakukan pendampingan bagi siswa dan orang tua siswa. Kami berharap semoga dengan media pembelajaran yang sudah kami buat dapat berguna untuk  pembelajaran daring di TK Al-Hikam dan semoga dengan adanya KKN Tematik PPD Covid-19 ini dapat membantu berbagai pihak.


Penulis : Dewi Ayu Febianti

Posting Komentar

0 Komentar