Pemberian Edukasi Seputar Aplikasi Pembelajaran Online Quizizz di SDN 1 Panembong Cianjur Jawa Barat

Universitas Pendidikan Indonesia sebagai perguruan tinggi yang berada di wilayah Jawa Barat ikut berkontribusi dalam pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19. Salah satu kontribusi Universitas Pendidikan Indonesia dalam pencegahan dan Penanggulangan dampak Covid-19 ialah melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan oleh mahasiswa. Sebagai program yang sudah cukup lama dilaksanakan dan dikembangkan di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Tematik dijadikan sebagai wahana belajar dan pengabdian mahasiwa kepada Masyarakat.

Khusus tahun ini, kegiatan KKN Tematik UPI diselenggarakan secara daring di masa pandemi oleh para mahasiswa UPI di tempat tinggal/daerah masing-masing mahasiswa secara individu dan kelompok yang tersebar di beberapa provinsi. Sesuai dengan ranah nya, UPI bergerak di bidang pendidikan sebagai alat untuk mencapai tujuan dari program KKN Tematik tersebut. Sasaran dari program-program tersebut, yaitu siswa, orang tua siswa, guru, dan masyarakat.

Perkenalkan saya Rezha Agustina, mahasiswa UPI semester 7 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang saat ini sedang melaksanakan KKN di daerah tempat tinggal saya, yaitu di Kp. Panembong 2 RT.01 RW.02 Desa Limbangansari Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Program KKN unggulan saya dalam upaya penanggulangan dampak Covid-19 di bidang pendidikan adalah memberikan edukasi pada guru melalui beberapa media serta aplikasi pembelajaran online guna mendukung pembelajaran daring saat ini. Sekolah yang menjadi sasaran saya dalam KKN ini adalah SDN Panembong 1 yang beralamat di Jl. Limbangansari Kec. Cianjur Kab. Cianjur Jawa Barat (43217).

Walaupun kegiatan saya selama KKN di SDN Panembong 1 lebih banyak membantu terkait administrasi sekolah, hal itu tidak membuat saya berhenti untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi pada guru seputar beberapa media serta aplikasi pembelajaran daring untuk pembelajaran online. Hal ini saya lakukan karena di SDN Panembong 1 hampir kebanyakan guru sudah berumur lanjut usia. Terlebih dengan pembelajaran daring seperti saat ini yang dimana keadaan menuntut guru harus menguasai IPTEK, sehingga inilah yang mesti saya gencar sosialisasikan serta mengajarkan bagaimana cara penggunaan aplikasi tersebut.

Aplikasi/media pembelajaran online yang saya sosialisasikan ialah “Quizizz”. Dikutip dari laman nomsaa.com (21/12/2020) Quizizz adalah platform yang cukup populer dikalangan siswa dan guru karena mudah digunakan, seru, dan interaktif. Seperti namanya, di dalam Quizizz kita bisa menemukan berbagai macam game dalam bentuk quiz, mulai dari pelajaran sekolah hingga quiz-quiz umum. Tapi Quizizz buka quiz biasa, karena ketika bermain dan berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, pemain akan mendapatkan kartu bantuan sebagai reward. Dan uniknya lagi, pemain yang menjawab semua pertanyaan dengan benar belum tentu menduduki peringkat pertama. Karena ternyata, semakin cepat menjawab soal dengan benar, maka poin yang didapatkan akan semakin besar pula.

(Tampilan awal quizizz)

(Tampilan awal)

(Tampilan jawaban benar)

(Tampilan peringkat)

Pada permainan ini kita (guru) akan merasakan layaknya menjadi penyelenggara quiz dan melihat perolehan skor para pemain yang saling kejar-kejaran. Selain itu, kelebihan Quizizz adalah semua fitur dapat digunakan secara gratis dan kita bisa membuat quiz sebanyak mungkin dengan jumlah pertanyaan yang cukup banyak. Saya merasakan hal ini sangat membuat beberapa siswa SDN 1 Panembong menjadi lebih antusias dalam belajar daring. Walaupun dengan waktu yang singkat, semoga edukasi terkait penerapan aplikasi online ini dapat diterapkan oleh guru-guru disana dengan tujuan meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar.

 

Nama : Rezha Agustina (1701364)

 

Posting Komentar

0 Komentar