Universitas Pendidikan Indonesia sebagai
perguruan tinggi yang berada di wilayah Jawa Barat ikut berkontribusi dalam
pencegahan dan penanggulangan dampak Covid-19. Salah satu kontribusi
Universitas Pendidikan Indonesia dalam pencegahan dan Penanggulangan dampak
Covid-19 ialah melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik yang dilakukan
oleh mahasiswa. Sebagai program yang sudah cukup lama dilaksanakan dan
dikembangkan di lingkungan Universitas Pendidikan Indonesia, pelaksanaan Kuliah
Kerja Nyata Tematik dijadikan sebagai wahana belajar dan pengabdian mahasiwa
kepada Masyarakat.
Khusus tahun ini, kegiatan KKN Tematik
UPI diselenggarakan secara daring di masa pandemi oleh para mahasiswa UPI di
tempat tinggal/daerah masing-masing mahasiswa secara individu dan kelompok yang
tersebar di beberapa provinsi. Sesuai dengan ranah nya, UPI bergerak di bidang
pendidikan sebagai alat untuk mencapai tujuan dari program KKN Tematik
tersebut. Sasaran dari program-program tersebut, yaitu siswa, orang tua siswa,
guru, dan masyarakat.
Perkenalkan saya Rezha Agustina,
mahasiswa UPI semester 7 Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) yang saat
ini sedang melaksanakan KKN di daerah tempat tinggal saya, yaitu di Kp.
Panembong 2 RT.01 RW.02 Desa Limbangansari Kecamatan Cianjur Kabupaten Cianjur
Provinsi Jawa Barat. Program KKN unggulan saya dalam upaya penanggulangan
dampak Covid-19 di bidang pendidikan adalah memberikan edukasi pada guru
melalui beberapa media serta aplikasi pembelajaran online guna mendukung
pembelajaran daring saat ini. Sekolah yang menjadi sasaran saya dalam KKN ini
adalah SDN Panembong 1 yang beralamat di Jl. Limbangansari Kec. Cianjur Kab.
Cianjur Jawa Barat (43217).
Walaupun kegiatan saya selama KKN di SDN
Panembong 1 lebih banyak membantu terkait administrasi sekolah, hal itu tidak
membuat saya berhenti untuk mensosialisasikan dan memberikan edukasi pada guru
seputar beberapa media serta aplikasi pembelajaran daring untuk pembelajaran
online. Hal ini saya lakukan karena di SDN Panembong 1 hampir kebanyakan guru
sudah berumur lanjut usia. Terlebih dengan pembelajaran daring seperti saat ini
yang dimana keadaan menuntut guru harus menguasai IPTEK, sehingga inilah yang
mesti saya gencar sosialisasikan serta mengajarkan bagaimana cara penggunaan
aplikasi tersebut.
Aplikasi/media pembelajaran online yang
saya sosialisasikan ialah “Quizizz”. Dikutip dari laman nomsaa.com (21/12/2020)
Quizizz adalah platform yang cukup populer dikalangan siswa dan guru karena
mudah digunakan, seru, dan interaktif. Seperti namanya, di dalam Quizizz kita
bisa menemukan berbagai macam game dalam bentuk quiz, mulai dari pelajaran
sekolah hingga quiz-quiz umum. Tapi Quizizz buka quiz biasa, karena ketika
bermain dan berhasil menjawab pertanyaan dengan benar, pemain akan mendapatkan
kartu bantuan sebagai reward. Dan uniknya lagi, pemain yang menjawab semua pertanyaan
dengan benar belum tentu menduduki peringkat pertama. Karena ternyata, semakin
cepat menjawab soal dengan benar, maka poin yang didapatkan akan semakin besar
pula.
(Tampilan awal quizizz) |
(Tampilan awal) |
(Tampilan jawaban benar) |
(Tampilan peringkat) |
Pada permainan ini kita (guru) akan
merasakan layaknya menjadi penyelenggara quiz dan melihat perolehan skor para
pemain yang saling kejar-kejaran. Selain itu, kelebihan Quizizz adalah semua
fitur dapat digunakan secara gratis dan kita bisa membuat quiz sebanyak mungkin
dengan jumlah pertanyaan yang cukup banyak. Saya merasakan hal ini sangat
membuat beberapa siswa SDN 1 Panembong menjadi lebih antusias dalam belajar
daring. Walaupun dengan waktu yang singkat, semoga edukasi terkait penerapan
aplikasi online ini dapat diterapkan oleh guru-guru disana dengan tujuan
meningkatkan antusiasme siswa dalam belajar.
Nama : Rezha Agustina (1701364)
0 Komentar