Platform Yang Bisa Digunakan Untuk Evaluasi Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi Covid-19

Pandemik COVID-19 memberikan dampak yang besar terhadap semua bidang. Salah satunya di bidang pendidikan. Kegiatan belajar mengajar secara tatap muka di sekolah kini dialihkan menjadi pembelajaran jarak jauh (PJJ).

Pembelajaran jarak jauh tentunya berbeda sekali dari pembelajaran yang biasanya. Jika pembelajaran biasa seperti di sekolah siswa bisa terlibat aktif secara langsung dan guru mempunyai berbagai cara untuk melaksanakan pembelajaran. Sebenarnya pada pembelajaran jarak jauh pun bisa seperti itu, hanya saja akan terasa lebih sulit karena adanya beberapa kendala seperti kurangnya sarana prasarana penunjang, sinyal, biaya, dan juga kemampuan penguasaan teknologi yang kurang.

Pada saat evaluasi pembelajaran. Saat pembelajaran jarak jauh seperti ini biasanya guru memberikan soal dalam bentuk file dan siswanya diberikan estimasi waktu untuk mengerjakannya selama beberapa hari. Lalu ada yang dikumpulkan dalam bentuk file, ada juga yang dalam bentuk hardfile dan dikumpulkan secara langsung ke sekolah. Tentu saja ini dirasa kurang efektif karena saat pandemik seperti ini kita sebisa mungkin harus meminimalisir kegiatan dirumah dan menghindari kerumunan. Maka dari itu agar pelaksanaan evaluasi pembelajaran dapat efektif dan efisien, guru bisa melakukan evaluasi dengan menggunakan platform online.

Platform online ini tentunya efektif dan efisien karena guru tidak harus menunggu selama beberapa hari, memeriksa kembali pengerjaan siswa, dan tentunya tidak mengeluarkan biaya yang terlalu banyak baik itu bagi guru ataupun siswa. Pada platform online siswa hanya tinggal masuk ke website ataupun aplikasi, mengisi identitas, dan menjawab pertanyaan dengan menggunakan computer, laptop, ataupun smartphone. Dengan menggunakan platform online ini guru tinggal memasukan soal beserta kunci jawabannya, secara otomatis setelah siswa menyelesaikan soalnya nilai akan muncul dan guru tidak perlu mengkoreksinya lagi.

Dibawah ini merupakan beberapa platform online yang bisa digunkan untuk melakukan evaluasi pembelajaran oleh guru.

Google Form

Google form merupakan salah satu platform online yang berupa template formulir atau lembar kerja yang dapat digunakan untuk mendapatkan innformasi. Selain untuk mendapatkan informasi, Google form ini bisa dimanfaatkan untuk media evaluasi hasil belajar. Template Google Form mudah dipahami dan digunakan. Google form ini dapat langsung menilai hasil pekerjaan siswa, kita tiggal menyertakan kunci jawabannya saat membuat soal.  Setelah soal selesasi, guru hanya tinggal membagikan link Google Form kepda siswa, nantinya siswa tinggal mengklik link yang dibagikan dan mengisinya. Untuk hasilnya guru bisa melihat pada menu respons, dan bisa dilihat dalam bentuk spreadsheet.

Kahoot

Kahoot merupakan laman web yang bersifat edukatif yang mulanya diinisiasi oleh Johan Brand, Jamie Brooker dan Morten Versvik disebuah joint project dengan Norwegian University of Technology and Science pada Maret 2013. Alamat website Kahoot ada dua yaitu https://kahoot.com/ untuk pengajar dan https://kahoot.it/ untuk peserta didik. Penggunaan dan akses masuk ke Kahoot secara gratis, termasuk  fitur-fitur yang ada di dalamnya. Kahoot ini bisa dimanfaatkan sebagai ice breaking dan evaluasi pembelajaran. Untuk membuat soal, guru masuk ke laman web https://kahoot.com kemuadian guru memasukan soal dan jawabannya, serta mengatur waktunya. Setelah soal selesai dibuat guru memberikan akses berupa pinkepada peserta didik. Diakhir pengerjaan soal, guru dapat menyimpan hasil jawaban dari masing-masing peserta didik di google drive atau langsung di download pada komputernya dalam bentuk spreadsheet, sebagai evaluasi penilaian.

Quizizz

Quizizz merupakan sebuah laman web untuk membuat kuis interaktif yang digunakan untuk pembelajaran. Untuk membuat soalnya, masuk le laman web www.quizizz .com, dan gunakan akun Google untuk aksesnya. Pilih peran sesuai engan kebutuhan apakah sebagai guru, siswa, keluarga, atau lainnya. Lalu lengkapi data, dan setelah selesai masukan pertanyaan dan juga jawaban yang benar. Yang terakhir pilih grade dan mata pelajaran, lalu klik selesai.

Edmodo

Edmodo merupakan situs jaringan sosial tempat berbagi data, event, jadwal dan lain sebagainya yang diperuntukkan untuk para guru dan murid. Selain guru dan murid, orangtua siswa dan juga sekolah bisa menggunakan Edmodo ini untuk mengawasi jalannya pembelajaran secara online. Banyak sekali fitur yang disediakan oleh Edmodo diantaranya, Assigment, File and links, Quiz, Polling, Gradebook, dan lain sebagainya. Untuk membuat soal evaluasi guru harus mendaftarkan terlebih dahulu sebagai guru. Setelah melengkapi data guru membuat kelas di dalam Edmodo. Setelah membuat kelas, ada beberapa menu untuk guru, salah satunya yaitu quiz. Quiz ini bisa dijadikan guru untuk mengevaluasi pembelajaran. 


Penulis : Anggi Anggella

 

 

 

Posting Komentar

0 Komentar