Mahasiswa UPI Melakukan Kegiatan KKN Tematik Covid-19 2021 di Tengah Pandemi

Kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Pendidikan Indonesia dilaksanakan dengan cara online dan individu di tempat tinggal masing-masing mahasiswa yang tersebar di seluruh Indonesia, Program KKN kali ini mengangkat tema yaitu Pencegahan dan Penanggulangan Dampak Covid-19. Kegiatan ini digelar mulai tanggal 04 Februari sampai dengan tanggal 15 maret mendatang.

Program unggulan dalam KKN Tematik PPD Covid-19 UPI 2021 yaitu di bidang Pendidikan berkaitan dengan pendampingan siswa dalam pembelajaran online, mensosialisasikan pencegahan dan penanggulangan covid-19 kepada anak sekolah, pendampingan orang tua dalam membimbing anak pada saat pembelajaran online, penguatan guru pada saat pembelajaran online, dan bantuan administrasi guru dalam rangka membantu pembelajaran online sesuai intruksi yang dikeluarkan pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang lalu.

Teddi Yudiana mahasiswa Teknik Elektro Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, salah satu peserta yang mengikuti KKN Tematik PPD Covid-19 UPI 2021 melakukan program ini bermitra dengan SD Negeri 2 Sembawa. Dalam kesempatan kali ini program KKN Tematik PPD Covid-19 UPI 2021 disambut baik oleh guru-guru di SD Negeri 2 Sembawa. Untuk sasaran program KKN pada bidang Pendidikan ini yaitu walikelas VI ibu Lili Rolinah, S.Pd., SD dan guru mata pelajaran Bahasa sunda bapak Yusuf, S.Pd., SD. Sedangkan sasaran untuk siswa dan orang tua diambil dari siswa dan orang tua kelas VI.

Program KKN di bidang Pendidikan ini berbasis online melalui media sosial whatsapp. Adapun bentuk-bentuk program yang dilakukan berupa penguatan materi-materi yang ada di kelas VI berupa materi pada tema 7 subtema 1 pembelajaran 1 sampai dengan tema 8 subtema 1 pembelajaran 2 dan tips mengajar jarak jauh di masa pandemi. Program pendampingan siswa berupa pembahasan tugas-tugas melalui grup whatsapp, sedangkan untuk program pendampingan orang tua berupa gambar edukasi dan informasi  penting mengenai tips dan trik selama pendampingan belajar online dimulai dari tips membantu anak belajar di rumah, panduan bijak memuji anak, bergembira Bersama anak di rumah, dan tips menjaga stabilitas mental anak selama pandemi. Dalam program bantuan administrasi guru berupa mengerjakan e-kinerja dari guru kelas VI dan memeriksa tugas-tugas siswa yang telah diberikan.


Penulis            : Teddi Yudiana

NIM                : 1804431

Kelompok       : 17

DPL                : Dr. Leni Anggraeni, M.Pd.


Posting Komentar

0 Komentar