Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Norma Bagi Anak Sekolah Dasar

koranbogor.com

Pendidikan dilakukan bukan hanya semata-mata untuk memberikan ilmu pengetahuan saja, tetapi juga untuk menanamkan serta mensosialisasikan nilai dan norma yang berlaku dalam masyarakat, agar seseorang bisa tumbuh dengan memahami nilai dan norma tersebut. Proses penanaman nilai dan norma pada siswa SD harus dilakukan oleh semua pihak, baik orang tua maupun guru.

Pengenalan norma pada siswa SD merupakan hal yang sangat penting, karena pada usia tersebut pembentukkan karakter pada anak dapat dibentuk dengan mudah. Siswa diajarkan setidaknya 4 macam norma yang penting bagi pedoman atau aturan untuk kehidupannya. Adapun norma-norma tersebut, antara lain:

Norma Agama, yaitu aturan berperilaku yang bersumber dari ajaran agama. Seperti larangan, perintah, serta ajaran-ajaran yang berasal dari Tuhan. Contoh pembiasaan norma agama yang dapat dilakukan terhadap siswa SD yaitu, menjalankan perintah beribadah, larangan menyakiti orang lain, serta anjuran menyayangi sesama.

Norma Kesopanan, yaitu norma yang berhubungan dengan pergaulan manusia dalam kehidupan sehari-hari. Aturan-aturan kesopanan yang ditetapkan mengarah pada bagaimana cara seseorang bertingkah laku dengan wajar dalam lingkungan masyarakat. Contoh pembiasaan norma kesopanan yang dapat dilakukan terhadap siswa SD yaitu, menghormati orang yang lebih tua, tidak mengejek teman, serta berpakaian rapi.

Norma Kesusilaan, yaitu aturan bertingkah laku berdasarkan hati nurani manusia. Jika seseorang menaati norma kesusilaan, maka ia terlatih untuk membedakan hal yang baik dan buruk. Contoh pembiasaan norma kesusilaan yang dapat dilakukan terhadap siswa SD yaitu, bersikap jujur (tidak menyontek saat ulangan), berbuat adil (mau berbagi dengan teman dan tidak membeda-bedakan teman), serta dapat dipercaya (tidak menipu teman, tidak menceritakan keburukan teman).

Norma Hukum, yaitu aturan mengenai tingkah laku manusia dalam pergaulan masyarakat yang dibuat oleh badan-badan resmi negara. Norma hukum berdasar pada Undang-Undang serta bersifat mengatur dan memaksa. Dengan tujuan agar tidak ada kekacauan di masyarakat. Contoh pembiasaan norma hukum yang dapat dilakukan terhadap siswa SD yaitu, mematuhi peraturan lalu lintas, larangan mencuri, larangan berbuat kekerasan, serta larangan berkelahi.

Penanaman nilai dan norma sangat penting dierapkan sejak dini, dengan mengajarkan 3 kata ajaib (maaf, tolong, terima kasih) dapat mengajarkan anak untuk menghargai apapun yang didapatkan oleh mereka. Serta menghormati orang-orang yang ada di sekelilingnya dapat mengajarkan untuk bersikap baik terhadap lingkungan. Hal-hal kecil seperti itu dapat membuat dampak yang besar untuk generasi selanjutnya. Pengimplementasian nilai dan norma yang di terapkan tentu harus sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila.

 

Penulis : Annissa Shafira Rajani Rahman (2006088)

Posting Komentar

0 Komentar