Pada masa
pandemi covid-19 saat ini dunia pendidikan menjadi salah satu dampak dari
adanya covid-19, hal ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan untuk tetap
melaksanakan pembelajaran walapun dalam keadaan pandemi seperti ini. Sampai
saat ini kemendikbud masih belum mengizinkan untuk membuka sekolah karena
dengan begitu dapat mencegah penularan virus covid-19. Meskipun begitu peserta
didik harus tetap mendapatkan pendidikan yang baik selama masa pandemi
covid-19. Maka dari itu proses pembelajaran dilakukan secara daring di rumah.
Menurut
Samani, dkk (2013:45) menjelaskan bahwa “pendidikan karakter adalah proses
pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang
berkarakter dalam dimensi hati, pikiran, raga serta rasa”.
Penanaman
pendidikan karakter kepada peserta didik pada saat pandemi covid-19 sangat
sulit untuk dilakukan, karena pada saat kegiatan pembelajaran yang dilakukan
secara tatap muka juga guru kesulitan untuk menanamkan pendidikan karakter
kepada siswa. Dengan begitu guru harus memiliki perencanaan agar lebih mudah
untuk melaksanakan pembelajaran pendidikan karakter kepada siswa. Pendidikan
karakter pada pembelajaran daring ini tidak boleh diabaikan, karena pendidikan
karakter ini sangat penting dalam pendidikan.
Dalam
menanamkan pendidikan karakter saat pembelajaran daring pada masa pandemi,
peran guru sangat penting untuk terlaksananya pembelajaran pendidikan karakter
tersebut. Peran guru dalam pembelajaran pendidikan karakter adalah sebagai pendidik,
pengajar, sumber belajar, fasilitator, pembimbing, model/tauladan, pengelola,
penasehat, inovator, motivator, dan evaluator. Meskipun saat ini pembelajaran
dilaksanakan secara daring, diharapkan guru dapat menanamkan pendidikan
karakter untuk peserta didik.
Selama
pandemi covid-19, kegiatan pembelajaran nampaknya tidak semua terpenuhi.
Kegiatan pembelajaran dilakukan secara sederhana dan singkat, yang seharusnya
kegiatan pembelajaran pada umumnya yaitu terdiri dari kegiatan pendahuluan,
inti, dan penutup. Pada pembelajaran daring saat ini tidak semua guru dapat
melaksanakan ketiga unsur tersebut.
Pada
proses pembelajaran daring saat ini guru dapat menanamkan pendidikan karakter
pada peserta didik, seperti halnya mengarahkan peserta didik untuk tetap
disiplin. Disiplin dalam mengerjakan tugas maupun dalam mengikuti pembelajaran.
Peran guru dalam menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik pada masa
pandemi ini bukan hanya memberikan arahan terkait pendidikan karakter saja, akan
tetapi guru juga harus melakukan dan memberikan contoh terkait pendidikan
karakter kepada pesreta didik agar peserta didik dapat mengikuti apa yang
dilakukan oleh guru tersebut.
Pendidikan
karakter dalam pembelajaran daring merupakan salah satu upaya yang dapat
dilakukan saat pandemi covid-19. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuat perencanaan
yang baik dalam melaksanakan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring pada
masa pandemi. Pendidikan karakter pada pembelajaran daring ini diharapkan dapat
menjadi salah satu cara agar peserta didik memiliki karakter yang baik walaupun
pembelajaran dilaksanakan secara daring di rumah.
Pendidikan
karakter pada pembelajaran daring dibutuhkan perencanaan, pelaksanaan, dan juga
evaluasi yang baik. Hal tersebut tidak terlepas dari keberhasilan guru dalam
melaksanaan proses pembelajaran pendidikan karakter pada masa pandemi. Kegiatan
pembelajaran mengarah pada pembentukan sikap dan perilaku yang sesuai dengan
kondisi pendemi saat ini seperti pola hidup sehat, disiplin dalam hal apapun,
dan lain sebagainya. Tugas yang diberikan kepada peserta didik dapat diarahkan
pada pembentukan kebiasaan positif di kehidupan sehari-hari, seperti meminta
peserta didik untuk mengirimkan foto atau video yang berisi nilai-nilai
karakter.
Peran
guru sangat penting dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Salah
satu nya yaitu peran guru dalam menanamkan pendidikan karakter kepada peserta
didik pada saat pandemi covid-19. Karena pada dasarnya tujuan dari pendidikan
itu bukan hanya mencapai aspek kognitif saja, akan tetapi mencapai aspek
afektif dan psikomotor juga, sehingga penanaman pendidikan karakter sangat
penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang seimbang antara kognitif,
afektif, dan juga psikomotor.
Referensi:
ANGGA
ADITYA, R. I. Z. K. I., Chan, F., & Alirmansyah, A. (2021). PERAN
GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SAAT PANDEMI COVID-19 (Doctoral
dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).
Saputra,
M. A., Purwasih, A., Wati, A., & Anggraini, L. (2021). Peran Guru dalam
Menanamkan Nilai-Nilai Karakter kepada Siswa SD Negeri 20 Way Serdang Selama
Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. SOCIAL PEDAGOGY: Journal
of Social Science Education, 2(2), 41-54.
Akhwani,
A., & Romdloni, M. A. Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di SD. Indonesian
Journal of Primary Education, 5(1), 1-12.
Penulis: Ita Nurfauziah – Pendidikan IPS
UPI 2018
Dosen Pembimbing Lapangan: Bpk. Bambang
Erawan, M.Pd.
Penulis: Ita Nurfauziah (Mahasiswi KKN Universitas Pendidikan
Indonesia)
0 Komentar