KKN TEMATIK UPI 2021: Peran Guru dalam Menanamkan Pendidikan Karakter Pada Masa Pandemi

 


Pada masa pandemi covid-19 saat ini dunia pendidikan menjadi salah satu dampak dari adanya covid-19, hal ini menjadi tantangan bagi dunia pendidikan untuk tetap melaksanakan pembelajaran walapun dalam keadaan pandemi seperti ini. Sampai saat ini kemendikbud masih belum mengizinkan untuk membuka sekolah karena dengan begitu dapat mencegah penularan virus covid-19. Meskipun begitu peserta didik harus tetap mendapatkan pendidikan yang baik selama masa pandemi covid-19. Maka dari itu proses pembelajaran dilakukan secara daring di rumah.

Menurut Samani, dkk (2013:45) menjelaskan bahwa “pendidikan karakter adalah proses pemberian tuntunan kepada peserta didik untuk menjadi manusia seutuhnya yang berkarakter dalam dimensi hati, pikiran, raga serta rasa”.

Penanaman pendidikan karakter kepada peserta didik pada saat pandemi covid-19 sangat sulit untuk dilakukan, karena pada saat kegiatan pembelajaran yang dilakukan secara tatap muka juga guru kesulitan untuk menanamkan pendidikan karakter kepada siswa. Dengan begitu guru harus memiliki perencanaan agar lebih mudah untuk melaksanakan pembelajaran pendidikan karakter kepada siswa. Pendidikan karakter pada pembelajaran daring ini tidak boleh diabaikan, karena pendidikan karakter ini sangat penting dalam pendidikan.

Dalam menanamkan pendidikan karakter saat pembelajaran daring pada masa pandemi, peran guru sangat penting untuk terlaksananya pembelajaran pendidikan karakter tersebut. Peran guru dalam pembelajaran pendidikan karakter adalah sebagai pendidik, pengajar, sumber belajar, fasilitator, pembimbing, model/tauladan, pengelola, penasehat, inovator, motivator, dan evaluator. Meskipun saat ini pembelajaran dilaksanakan secara daring, diharapkan guru dapat menanamkan pendidikan karakter untuk peserta didik.

Selama pandemi covid-19, kegiatan pembelajaran nampaknya tidak semua terpenuhi. Kegiatan pembelajaran dilakukan secara sederhana dan singkat, yang seharusnya kegiatan pembelajaran pada umumnya yaitu terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup. Pada pembelajaran daring saat ini tidak semua guru dapat melaksanakan ketiga unsur tersebut.

Pada proses pembelajaran daring saat ini guru dapat menanamkan pendidikan karakter pada peserta didik, seperti halnya mengarahkan peserta didik untuk tetap disiplin. Disiplin dalam mengerjakan tugas maupun dalam mengikuti pembelajaran. Peran guru dalam menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik pada masa pandemi ini bukan hanya memberikan arahan terkait pendidikan karakter saja, akan tetapi guru juga harus melakukan dan memberikan contoh terkait pendidikan karakter kepada pesreta didik agar peserta didik dapat mengikuti apa yang dilakukan oleh guru tersebut.

Pendidikan karakter dalam pembelajaran daring merupakan salah satu upaya yang dapat dilakukan saat pandemi covid-19. Hal ini dapat dilakukan dengan cara membuat perencanaan yang baik dalam melaksanakan pendidikan karakter dalam pembelajaran daring pada masa pandemi. Pendidikan karakter pada pembelajaran daring ini diharapkan dapat menjadi salah satu cara agar peserta didik memiliki karakter yang baik walaupun pembelajaran dilaksanakan secara daring di rumah.

Pendidikan karakter pada pembelajaran daring dibutuhkan perencanaan, pelaksanaan, dan juga evaluasi yang baik. Hal tersebut tidak terlepas dari keberhasilan guru dalam melaksanaan proses pembelajaran pendidikan karakter pada masa pandemi. Kegiatan pembelajaran mengarah pada pembentukan sikap dan perilaku yang sesuai dengan kondisi pendemi saat ini seperti pola hidup sehat, disiplin dalam hal apapun, dan lain sebagainya. Tugas yang diberikan kepada peserta didik dapat diarahkan pada pembentukan kebiasaan positif di kehidupan sehari-hari, seperti meminta peserta didik untuk mengirimkan foto atau video yang berisi nilai-nilai karakter.

Peran guru sangat penting dalam pembelajaran daring pada masa pandemi covid-19. Salah satu nya yaitu peran guru dalam menanamkan pendidikan karakter kepada peserta didik pada saat pandemi covid-19. Karena pada dasarnya tujuan dari pendidikan itu bukan hanya mencapai aspek kognitif saja, akan tetapi mencapai aspek afektif dan psikomotor juga, sehingga penanaman pendidikan karakter sangat penting untuk mencapai tujuan pembelajaran yang seimbang antara kognitif, afektif, dan juga psikomotor.

 

Referensi:

ANGGA ADITYA, R. I. Z. K. I., Chan, F., & Alirmansyah, A. (2021). PERAN GURU DALAM MENANAMKAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SAAT PANDEMI COVID-19 (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS JAMBI).

Saputra, M. A., Purwasih, A., Wati, A., & Anggraini, L. (2021). Peran Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Karakter kepada Siswa SD Negeri 20 Way Serdang Selama Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. SOCIAL PEDAGOGY: Journal of Social Science Education2(2), 41-54.

Akhwani, A., & Romdloni, M. A. Pendidikan Karakter Masa Pandemi Covid-19 di SD. Indonesian Journal of Primary Education5(1), 1-12.

Penulis: Ita Nurfauziah – Pendidikan IPS UPI 2018

Dosen Pembimbing Lapangan: Bpk. Bambang Erawan, M.Pd.

 

Penulis: Ita Nurfauziah (Mahasiswi KKN Universitas Pendidikan Indonesia)

Posting Komentar

0 Komentar