KKN Tematik UPI 2021: Teknologi Menjadi Salah Satu Tantangan dalam Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19

 

Meluasnya wabah Covid-19 telah menyebabkan aktivitas masyarakat menjadi dibatasi, salah satunya ialah terjadi pada sektor pendidikan. Sehingga Pemerintah Indonesia memutuskan penerapan pembelajaran jarak jauh, yang diharapkan dapat memutuskan rantai penyebaran covid-19. Perubahan yang dimana biasanya pembelajaran dilaksanakan secara tatap muka di kelas, namun karena keadaan mendesak sehingga pembelajaran harus dilaksanakan secara daring. Dengan begitu berbagai tantangan yang harus dilalui, baik itu oleh guru, siswa, maupun orang tua siswa.

Pendidikan jarak jauh (distance education) memerlukan teknologi untuk membuat pembelajaran daring bisa dilaksanakan. Namun ternyata berbagai tantangan dihadapi dalam pembelajaran daring terutama dalam hal teknologi. Setelah melakukan miniriset terkait tantangan teknologi di masa pembelajaran daring bagi siswa ialah alat komunikasi atau handphone yang tersedia hanya satu, yang dimana satu handphone digunakan oleh banyak orang, seperti oleh kakak, dan juga orang tuanya. Seperti apa yang dikatakan oleh Ibu Entit salah satu guru kelas 2 di SDN 099 Babakan Tarogong bahwa “Beberapa siswa kekurangan akan alat komunikasi atau handphone, yang menyebabkan saat pengumpulan tugas menjadi lebih telat dibandingkan yang lain, misalkan pengumpulan tugas dikumpulkan pukul 14.00, namun dikarenakan siswa itu adanya keterbatasan sehingga pengumpulan tugas dikumpulkan di malam hari atau esoknya. Dengan begitu guru memberikan kebijakan terkait permasalahan yang dihadapi. Kebijakan yang dilakukan seperti penambahan waktu pengumpulan. Intinya jika ada hambatan lakukan komunikasi, yaitu komunikasi antara siswa, orang tua siswa dan juga guru. Selain itu para orang tua siswa juga selalu melaksanakan konsultasi terkait pembelajaran.” Selain menurut Ibu Entit, Ibu Ika guru kelas 2 juga mengalami hal yang sama yang terjadi pada siswanya, namun hal tersebut masih bisa diatasi. Solusi intinya ialah adanya komunikasi yang jelas, sehingga hal tersebut bisa dicari jalan keluarnya.

Pendidikan Jarak Jauh juga menyebabkan guru harus lebih terampil dan pandai dalam melaksanakan pembelajaran, salah satunya dalam penggunaan platform atau aplikasi penunjang pembelajaran jarak jauh. Setelah membagikan kuisioner, guru di SDN 099 Babakan Tarogong banyak menggunakan aplikasi Whatsapp yang digunakan sebagai penunjang Pembelajaran Jarak Jauh. Dikarenakan aplikasi tersebut lebih mudah dan lebih sering digunakan sehari-hari, dan efektif untuk melakukan kegiatan komunikasi dan juga dikarenakan beberapa guru yang masih kurang paham akan teknologi sehingga menggunakan Whatsapp sebagai salah satu aplikasi yang digunakan supaya kegiatan pembelajaran dapat dilaksanakan. Namun sangat disayangkan aplikasi tersebut kurang bervariasi dalam kegiatan pembelajaran.

Melihat kondisi beberapa guru yang belum pernah menggunakan aplikasi lain yang lebih variatif, maka Wanda Widiartini sebagai salah satu mahasiswa yang sedang melaksanakan KKN Tematik UPI 2021 di SDN 099 Babakan Tarogong, akan memberikan beberapa tutorial beserta penjelasan aplikasi, serta cara penggunaannya yang dilaksanakan secara daring yaitu lewat video. Dengan begitu diharapkan guru dapat lebih memahami dan terampil akan penggunaan teknologi terutama dalam penggunaan aplikasi penunjang pembelajaran serta dapat memudahkan guru dalam pembelajaran secara daring sehingga pembelajaran dapat lebih kreatif, menyenangkan, sehingga anak tidak mudah bosan dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Sehingga dengan begitu bahwa teknologi merupakan salah satu peran yang sangat penting di masa pembelajaran daring ini. Teknologi yang menghubungkan satu sama lain sehingga terjalinya komunikasi dalam kegiatan pembelajaran. Diharapkan semua tantangan yang ada dapat terlewati dengan baik. Mari kita bertahan saling menguatkan bersama-sama, semoga pandemi ini bisa segera berakhir, mari patuhi protokol kesehatan dan jika tidak ada keadaan mendesak lebih baik dirumah aja, stay safe!

 

Penulis: Wanda Widiartini – 1805956

DPL: Bambang Erawan, M.Pd

Posting Komentar

0 Komentar