Peran Orang Tua Dalam Pendampingan Pembelajaran Daring Terhadap Anak

Masa pandemi covid-19 yang sudah berlangsung selama kurang lebih satu tahun yang membuat segala aktivitas harus dilakukan secara Online termasuk sekolah, pemerintah telah mentepakan sebuah aturan Pembelajaran jarak jauh (PJJ) dimana siswa dan guru  melaksanakan kegiatan belajar dengan tetap berada dirumah dengan memanfaatkan teknologi yang ada.

Pada masa pembelajaran saat ini sangat dibutuhkannya kerja sama antar pihak yaitu guru, orang tua dan siswa terlebih lagi dengan orang tua yang harus mampu membimbing dan mendampingi anaknya selama belajar di rumah begitu pula dengan mempersiapkan segala kebutuhan anaknya untuk belajar.

Menurut Nur (2015:22-23) “Peran orang tua dalam pendidikan adalah sebagai pendidik,pendorong,fasilitator dan pembimbing”.

1. Pendidik : Pendidik pertama dan utama adalah orang tua dengan mengupayakan perkembangan seluruh potens anak, baik potensi afektif, kognitif dan psikomotor

2. Pendorong (Motivasi) : Daya penggerak dan pendorong untuk melakukan sesuatu. Orang tua berperan menumbuhkan mottivasi anak.

3. Fasilitator : Orang tua menyediakan berbagai fasilitas belajar seperti tempat belajar.

4. Pembimbing : Orang tua tidak hanya berkewajiban memberikan memberikan fasilitas saja akan tetapi orang tua juga harus memberikan bimbingan secara berkelanjutan.

Begitu juga denga orang tua siswa-siswi Sekolah Dasar Negeri 099 Babakan Tarogong Bandung dimana masih ada yang mengalami kesulitan dalam membimbing anaknya seperti dalam penggunaan media yang digunakan saat pembelajaran, pemahaman mengenai pembelajaran daring dan masih ada kesulitan kesulitan lain yang dialami oleh orang tua.

Untuk itu saya Syifa Nurhasanah Sebagai Mahasiswa KKN akan melakukan pendampingan kepada orang tua siswa-siswi kelas 1 SDN 099 Babakan Tarogong dimana saya akan melakukan sharing bersama orang tua siswa tersebut, kemudian akan memberikan pemahaman mengenai peran orang tua dalam mendampingi anak dan juga akan berbagi tips mengenai cara pendampingan anak selama pembelajaran daring berlangsung selain itu juga akan membantu jika ada orang tua siswa yang mengalami kesulitan dalam pemahan teknologi ataupun pembelajaran.

Dengan diadakannya pendampingan pembelajaran kepada setiap orang tua siswa diharapkan dapat memberikan pemahaman atau dapat memberikan solusi kepada orang tua dalam menangani kesulitan kesulitan yang dihadapi oleh orang tua dalam pembelajaran daring ini

 

Penulis : Syifa Nurhasanah

(KKN TEMATIK MDBPE-MBKM) Universitas Pendidikan Indonesia

Posting Komentar

0 Komentar