Kerja Sama Mahasiswa UPI dan DLHK: Mengubah Sampah dari Masyarakat Menjadi Uang

Kang Ali selaku pihak DLHK menyampaikan sosialisasi mengenai bank sampah (29/7)

Mahasiswa kelompok 62 Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bekerja sama dengan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kota Bandung untuk melakukan sosialisasi tentang manajemen sampah rumah tangga. Sosialisasi ini dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya mengelola sampah di lingkungan sekitar. Kegiatan tersebut dilaksanakan di Jalan Mekarsari, RW 17, Kelurahan Babakan Sari, Kecamatan Kiaracondong, Bandung, Jumat (29/7).

Sosialisasi mengenai manajemen sampah rumah tangga ini diisi dengan penyampaian materi dari pihak DLHK. Materi yang disampaikan ialah tentang pemilahan sampah sesuai jenisnya dan program bank sampah yang sedang dijalankan oleh pemerintah. Bank sampah sendiri merupakan sebuah sistem pengelolaan sampah kolektif yang menyerupai rekening bank untuk menampung, memilah, dan menyalurkan sampah bernilai ekonomis pada pasar dengan melibatkan masyarakat. Sampah yang telah terkumpul sesuai jenis tertentu nantinya dapat ditukar dengan uang dan dapat dimanfaatkan kembali sebagai kas warga. Hal ini menjadi salah satu tujuan untuk mengenalkan dan meningkatkan motivasi warga untuk ikut terlibat dalam menjalankan program pemerintah, utamanya dalam mengatasi permasalahan sampah yang ada di masyarakat.


Kelompok 62 KKN Tematik UPI bersama pihak DLHK dan warga RW 17

Kegiatan sosialisasi mengenai manajemen sampah ini merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa kelompok 62 KKN Tematik UPI, yang mengangkat tema “Desa Layak Air Bersih dan Sanitasi”. Berdasarkan tema tersebut, ditemukanlah bahwa sampah menjadi salah satu permasalahan yang mengakibatkan terjadinya pencemaran air dan juga lingkungan sekitar. Kegiatan sosialisasi ini pun akhirnya dipilih menjadi salah satu program kerja untuk menjawab permasalahan dan tema KKN yang diangkat. Antusiasme baik dari ketua RW dan warga masyarakat sekitar RW 17 membantu menyukseskan berjalannya kegiatan sosialisasi mengenai manajemen sampah ini.

“Melalui kegiatan sosialisasi tersebut, diharapkan kesadaran masyarakat dalam menjaga  memilah sampah dapat terus ditingkatkan”, ucap Rahmat, selaku ketua kelompok 62 KKN Tematik UPI.

Kegiatan KKN Tematik UPI yang dijalankan oleh kelompok 62 UPI diawali dengan pembukaan yang dilakukan secara resmi di Gedung Serbaguna RW 17 yang dihadiri oleh Bapak Heri Susanto, S.Sos., M.M., selaku Lurah Babakan Sari, Ketua RW 17, beserta Ketua RT setempat (20/7). Kemudian dilakukan pula survey dan pendataan mengenai sumber air dan saluran pembuangan yang digunakan oleh warga setempat (22/7). Selanjutnya, kegiatan ini nantinya akan ditutup dengan sosialisasi mengenai sanitasi dengan mengundang pihak Puskesmas Babakan Sari dan penutupan di tanggal 10 Agustus 2022.


KKN Reguler Kelompok 62 Kelurahan Babakan Sari

Anggota

1. Rahmat Novianto (1900538) - Teknologi Pendidikan

2. Adila Hafidzani Nur Fitria (1901801) - Pendidikan Biologi

3. Meisya Azzahra (1903590) - Pendidikan Biologi

4. Adilla Sri Rahayu (1906210) - Pendidikan Guru Sekolah Dasar

5. Defrian Eka Surachma (1908551) - Perpustakaan dan Sains Informasi

6. Fitri Nur Aini (1903992) - Pendidikan Seni Rupa

7. Rochma Ayustyaningtias (1900048) - Pendidikan Ilmu Komputer

8. Velani Aurelia Febrianti (1904279) - Pendidikan Teknologi Agroindustri

9. Zulfiqar Azhari Ahmad (1903694) - Bahasa dan Sastra Indonesia


Dosen Pembimbing Lapangan

Adi Ardiansyah, S.Pd., MT.


Posting Komentar

0 Komentar