KKN Tematik UPI Kelompok 118

Kegiatan KKN Universitas Pendidikan Indonesia pada semester genap tahun akademik 2021/2022 ini bertajuk Kuliah Kerja Nyata Tematik Pemberdayaan Masyarakat Berbasis SDG’s Desa dan MBKM. Untuk kelompok 118 mendapatka sub tema Desa Sehat dan Sejahtera. Pelaksanaan KKN Tematik UPI ini dilaksanakan terhitung dari tanggal 11 Juli – 10 Agustus 2022. Kelompok 118 KKN Tematik UPI dengan dibawah bimbingan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) yaitu Bapak Achmad Faqihuddin, S.Pd., M.Pd. melakukan KKN di kabupaten Garut. Kelompok KKN Tematik 118 ini terdiri atas 22 anggota yang terhimpun dari berbagai jurusan yang berbeda.

Dalam pelaksanaan kegiatan KKN ini, kelompok 118 terbagi menjadi 5 kelompok kecil serta KKN individual. Kelompok satu melaksanakan KKN di Desa Cisewu Kecamatan Cisewu kab. Garut. Kelompok dua sampai dengan kelompok lima melaksanakan KKN di Desa Muara Sanding Kecamatan Garut Kota Kab. Garut yang penyebaran mahasiswa KKN dilakukan per-RW yang ada di Desa Muara Sanding. Kemudian KKN individual yang dilakukan di Desa Cisurupan Kecamatan Cisurupan Kab, Garut.

Seluruh program kerja yang dilaksanakan oleh Kelompok 118 bersinergi dengan tema KKN Tematik UPI yaitu Desa Sehat dan Sejahtera. Program Kerja Kelompok 118 diantaranya GEPARUKTIF (Gerakan Pemanfaatan Lahan Pekarang Rumah Produktif), Sosialisasi dan pendataan tentang posyandu, Program kolaborasi dengan desa dan puskesmas, “My Mental Health, My Priority”, Mural ASIK, Ecoliterasi, Pos To Pos (Health Journey), Eco Enzyme, Pojok Desa Sehat, Sosialisasi cara merawat dan menggosok gigi, Membuat permainan kefokusan/kekompakkan untuk melatih gerak cepat anak, Pembuatan alat cuci tangan, Progam Kelompok Belajar (KOBER), MSBS (Masjid Suci Bersih dan sehat), Edukasi Virus dan Bakteri untuk anak, dan Pekarangan Manis.

Seluruh Program kerja tersebut terdistribusi kepada setiap kelompok kecil yang disesuaikan dengan kebutuhan di tempat KKN masing-masing. Misalnya, KKN individual yang dilaksanakan di desa Cisurupan oleh Marwan Maulana Yusuf melaksanakan program kerja unggulan yaitu “My Mental Health, My Priority”, program ini dilaksanakan mengingat pentingnya Kesehatan mental bagi setiap orang terutama remaja, dimana pada usia remaja merupakan masa peralihan dari anak menuju dewasa disertai dengan banyaknya perubahan yang mengakibatkan timbul berbagai masalah yang mungkin tidak mampu untuk mereka selesaikan sendiri dan pada akhirnya membuat mereka kecewa pada diri sendiri, hilang harapan, stres, dan lain sebagainya.

Kelompok 1 yang terdiri dari Erni Tri Anggraeni dan Fitri Aslina Maysaroh melaksanakan program kerja unggulan yaitu GEPARUKTIF (Gerakan Pemanfaatan Lahan Pekarang Rumah Produktif) di Desa Cisewu. Tujuan diadakannya gerakan ini untuk memanfaatkan lahan pekarangan rumah yang sehat dan produktif sehingga akan mewujudkan kemandirian pangan dan mengoptimalkan lahan pekarangan rumah yang akan menghasilkan pangan yang beragam, bergizi, seimbang, dan aman. Pelaksanaan kegiatan ini dilaksanakan terutama pada rumah atau keluarga yang kurang memproduktifkan halaman rumahnya dan memiliki anak stunting. Tanaman yang disosialsasikan pada program ini adalah TOGA (Tanaman Obat Keluarga) seperti daun kelor, jahe, kunyit, betadin, dll, umbi-umbian serta sayur-sayuran. Kegiatan ini sangat di sambut baik oleh pemerintah Desa Cisewu, puskesmas, serta seluruh masyarakat desa Cisewu.

Kelompok 2 yang beranggotakan Ahmad Ramdani, Herdiana Wahyu, Neng Iis Nur Istiqomah, Ridha Ramadhani, dan Ryas Fatur Rachman melaksanakan salah satu program kerja unggulan yaitu sosialisasi Ecoliterasi di RW 14, Kelurahan Muarasanding. Hal ini dilakukan karena terlihat banyaknya sampah di kawasan tersebut. Sampah banyak ditemukan berserakan di sekitar jalan, selain itu terlambatnya pengambilan sampah di bak sampah juga mengakibatkan sampah menjadi semakin menumpuk. Hal tersebut sangatlah dikhawatirkan karena tidak hanya mencemari lingkungan, tetapi juga mengundang bibit penyakit.

Edukasi mengenai pentingnya membuang sampah pada tempatnya sebaiknya dimulai sejak dini, agar kelak anak sudah terbiasa serta dengan sendirinya mempunyai kesadaran dan tanggung jawab dalam menjaga kebersihan lingkungan. Selain mengedukasi mengenai pentingnya membuang sampah pada tempatnya, kita juga dapat mengedukasi mengenai cara pengelolaan sampah menjadi barang yang layak guna, salah satunya dengan mengolah sampah plastik menjadi ecobrick. Kelompok dua tidak hanya menyampaikan sosialisasi secara verbal saja, akan tetapi mengikutsertakan anak-anak untuk berpartisipasi dalam pembuatan ecobrick.

Lalu kelompok tiga yang terdiri dari Ardyan Fauzani, Muhammad Try Gunawan, Irwansyah, Silfi Nurfitriani, dan Tika Kartika melaksanakan beberapa program kerja unggulan yaitu Health Journey yaitu suatu program permainan yang dirancang untuk mengedukasi kesehatan kepada masyarakat dengan menggunakan teori zigsaw. Pada pelaksanaanya masyarakat atau anak melakukan mobilisasi ke tempat-tempat yang telah disediakan, dimana pada setiap tempat atau pos yang disediakan terdapat narasumber yang akan memberikan materi tentang kesehatan.

Program selanjutnya adalah Eco Enzyme yang bertujuan untuk mengurangi sampah organik di rumah-rumah ataupun lingkungan sekitar dengan melalui proses pengolahan enzim sampah tersebut, melalui program ini masyarakat diedukasi cara mengolah sampah organic menjadi cairan multifungsi yang dapat digunkan untuk kebutuhan rumah tangga maupun lingkungan sekitar. Lalu ada program kerja PDS (Pojok Desa sehat), dimana disetiap RW atau Desa disediakan beberapa tempat membaca pada titik kumpul masyarakat seperti posyandu dan pos kamling serta disediakan pula beberapa sumber bacaan seperti buku dan poster tentang kesehatan.

Selanjutnya kelompok empat Daafa’ul Haq, Fikrian Wiguna, Taufik Rahman, Rafsya Rachmani, dan Alifa Zalfa Fakhira Melaksanakan salah satu program kerja unggulan yaitu Pekarangan Manis. Program ini memiliki dua kegiatan yaitu pembenahan pekarangan dalam hal kebersihannya dan pembenahan pekarangan dengan membuat vertical garden. Melalui program kerja ini diharapkan dapat membentuk perilaku masyarakat yang hidup sehat dengan menjaga lingkungan khususnya lingkungan rumah dan tempat umum yang sering digunakan seperti posyandu, kantor kelurahan, dll.

Selain itu melalui pembenahan vertical garden dapat memaksimalkan lahan dinding dan ruang public yang tidak terpakai serta memanfaatkan barang bekas yang masih bisa dipakai. Salah satu sasaran tempat dari program ini yaitu yayasan baitussalam Kp. Kamasan, Rw 14, kelurahan muara sanding. Lokasi ini dipilih karena menjadi salah satu titik kumpul masayarakat terutama anak, dimana melalui program ini dapat mengedukasi anak tentang pentingnya menjaga lingkungan dan merawat tanaman sejak dini. Selain melakukan pembenahan, dilakukan pula sosialisasi cara merawat tanaman yang baik serta pentingnya menjaga lingkungan kepada masyarakat. Dalam pelaksanaanya masyarakat dan anak-anak sangat antusian dalam menyambut kegiatan ini.

Kemudian kelompok lima yang terdiri dari Hendi Pebrianto, Rio Septian, Mutiara Rahmani, dan Chita Aura Putri sopian melaksanakan salah satu program kerja unggulan yaitu Sosialisasi cara merawat dan menggosok gigi yang baik dan benar pada anak-anak. Hal tersebut dilakukan agar dapat membentuk perilaku yang baik pada anak sejak dini. Dalam pelaksanaanya diberikan kuis kepada anak-anak seputar cara merawat dan menggososk gigi dengan baik dan benar, kemudian bagi anak yang dapat menjawab akan diberikan hadiah berupa satu paket sikat gigi dan pasta gigi untuk anak.

Disamping itu setiap kelompok juga ikut serta dan berpartisipasi dalam kegiatan Posyandu yang dilakukan oleh Puskesmas setempat terutama dalam Pencegahan dan Penanganan Stunting, dimana kabupaten garut sedang mempunyai program untuk mengentaskan stunting. Setiap kelompok juga turut andil dalam kegiatan yang dilaksanakan di Desa masing-masing dan turut membantu dalam penanggulangan bencana banjir. Kemudian pelaksanaan kegiatan KKN ini juga dipublikasikan di sosial media KKN kelompok 118.

 

Penulis: Erni Tri Anggraeni

Anggota: Fikrian Wiguna | Irwansyah | Muhammad Try Gunawan | Rio Septian | Taufik Rahman | Ridha Ramadhani | Tika Kartika | Mutiara Rahmani | Ryas Fathur Rachman | Ardyan Fauzani | Muhammad Riyaadhi | Daafa`Ul Haq | Hendi Pebrianto | Ahmad Ramdani | Silfi Nur Fitriani | Alifa Zalfa Fakhira | Chita Aura Putri Sopian | Herdiana Wahyu | Rafsya Rachmani | Neng Iis Nur Istiqomah | Erni Tri Anggraeni | Fitri Aslina Maysaroh | Marwan Maulana Yusuf

Instagram: https://www.instagram.com/garut_berkibar/

Dosen Pembimbing Lapangan: Ahmad Faqihuddin, M.Pd

Posting Komentar

0 Komentar